wisata memerah sapi

Wisata Memerah Susu Sapi Yang Langkah

Jawa Timur memang sebuah propinsi yang memiliki berbagai macam sumber daya alam untuk wisata yang beraneka ragam. Hampir semua bidangnya mampu dijadikan daya tarik wisatawan untuk datang kesini. Inilah ul;asan menarik tentang salah satu wisata yang datang dari dunia bidang peternakan. Terdapat di kecamatan pujon kabupaten malang, yang merupakan basis sapi perah yang sudah ada sejak jaman dahulu. Letak geografis yang strategis dengan nuansa alam sekitar yang cukup luas , sehingga masih menyimpan banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk peternakan.

wisata memerah sapi

Studi Wisata Memerah Susu Sapi

Peternakan sapi perah di pujon dulu memang bisa dikatakan menjadi mata pencaharian utama warga pujon, namun seiring pertumbuhan penduduk yang pesat dan juga diimbangi harga susu yang cenderung murah, menjadikan lambat laun peternak sapi berkurang cukup drastis. Produksi susu yang ada di pujon saat ini turun amat sangat banyak bila dibanding sekitar 10 – 15 tahun lalu. Alasan utama mereka melepas dari usaha sapi perah adalah karena tak seimbang dengan harga susu dengan harga pakan. Harga pakan yang tiap tahun mengalami kenaikan, tidak mampu diimbangi sama harga susu yang mereka jual. Jika musim kemarau tiba, tak jarang para peternak harus menjual anakannya untuk operasi biaya pakan. Minimnya perhatian dari pemerintah akan kesejahteraan masyarakat peternak bisa jadi faktor selain kurang transparannya para pengurus penampung susu.

Untuk menyiasati agar sapi perah ini terus mampu dijadikan mata pencaharian, maka sebagian masyrakat memanfaatkannya untuk studi tour wisata perah sapi. Dari segi bisnis, usaha ini layak untuk dicoba buat petani sapi perah kedepannya. Memang perlu uluran tangan dari pemerintah supaya gagasan ini bisa terealisasi maksimal demi keberlangsungan kehidupan peternak sapi.

Wisata memerah sapi memang jauh lebih unik bila dibandingkan dengan wisata yang bernuansa alam lainnya. Sensasi saat memerah dapat dijadikan sebuah pengalaman yang nanti bisa kita tularkan ke anak cucu kita. Bila anda datang ke kota wisata batu, maka sebaiknya anda mampir dahulu ke kecamatan pujon untuk merasakan salah satu wisata bidang peternakan ini. Biayanya cukup terjangkau dan anda akan dapat meminum susunya langsung hasil perahan anda.

1

No Responses

Write a response