Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal –┬áKebanyakan kasus atau permasalahan dari para pelaku diet adalah melonjaknya berat badan kembali setelah tidak lagi melakukan diet. Berat badan memang turun saat diet itu dijalankan. Namun ketika sudah mendapatkan berat badan yang diinginkan dan menyudahi program diet, maka bentuk tubuh pun kembali ke semula dan berat badan pun melonjak lagi. Lantas ada tidak sih Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal yang bisa dilakukan walaupun sdah tidak lagi menjalani diet. Nah berikut ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dan dapat membantu anda dalam menjaga bentuk tubuh. Mari simak ulasannya ya!

Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

1. Jangan malas bergerak dan lakukanlah pola hidup yang aktif
Agar tidak terjadi penumpukan lemak berlebih, hal utama yang harus dilakukan adalah dengan tetap melakukan olahraga. Olahraga atau latihan tidak harus ke gym, dan itu akan sangat sulit dilakukan pada kondisi liburan. Melakukan latihan selama liburan merupakan tantangan bagi beberapa orang. Namun, latihan atau tetap aktif sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh Anda tetap aktif. Bila perlu, jadwalkan latihan Anda mulai dari sekarang.

Langkah alternatif yang dapat dilakukan adalah melakukan latihan kardio ringan seperti jogging, jalan kaki, jalan cepat, atau lari. Kegiatan ini dapat dilakukan di sekitar rumah Anda. Latihan kardio lainnya adalah bersepeda atau berenang. Selain latihan kardio, Anda juga dapat melakukan latihan ringan lain seperti push up, squat, crunch, lunge, atau dengan menggunakan dumbbell (jika tersedia).

2. Cermat dan bijaklah dalam memilih makanan
Makanan yang tersaji tidak jarang menganduk lemak yang tinggi, bersantan, dan gorengan. Jika mengonsumsinya terlalu berlebih dan tidak diimbangi dengan olahraga, maka bisa berdampak pada kenaikan berat badan karena mengandung tinggi kalori. Cara tepatnya adalah lebih cermat dalam memilih makanan. Sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan berlemak, bersantan, atau yang digoreng. Misalnya, pilihlah makanan yang direbus atau dipanggang.

3. Jangan makan berlebih
Pada saat Lebaran, praktis kegiatan Anda akan disibukkan dengan acara silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga. Hal itu berarti jadwal untuk berolahraga akan semakin sempit. Karena itu, hindari makanan berlebihan agar lemak dalam tubuh tidak semakin menumpuk karena olahraga yang kurang.

4. Perbanyaklah buah dan sayur
Buah dan sayur-sayuran dapat dijadikan menu pilihan untuk merayakan Lebaran. Selain lebih sehat dibanding makanan yang berlemak dan berkarbohidrat tinggi.

5. Menghitung jumlah asupan kalori yang masuk dan yang keluar
Tentu, cara terbaiknya adalah dengan menghitung jumlah kalori. Meski ngemil merupakan hal yang tampaknya sepele, namun wajib untuk tetap diperhitungkan jumlah asupan toal kalori harian.

6. Tidak menikmati Cheat Day setiap minggu
Cheat day adalah hari di mana pelaku diet diberi kebebasan untuk mengonsumsi makanan. Sebaiknya berlakukan cheat day untuk setiap minggu (misalnya seminggu sekali). Dengan begitu, kebiasaan untuk memakan dalam porsi sangat besar akan mampu dihindari sekaligus mencegah aliran ribuan kalori masuk dalam tubuh.

7. Tidak melakukan latihan atau olahraga yang monoton
Alangkah bijaknya jika tidak melakukan latihan yang monoton. Karena jika latihan dengan gerakan yang itu-itu saja dan dalam tempo yang lama, maka itu bisa menjadi bumerang. Terlalu banyak latihan kardio juga bisa menyingkirkan otot tubuh.

8. Konsumsi Makanan yang berkualitas
Sebaiknya tidak hanya berkutat pada jumlah kalori yang dimakan, namun juga makanan yang berkualitas. Konsumsilah makanan seperti protein, lemak sehat, biji-bijian, serta banyak makan buah, sayuran dan suplemen kesehatan seperti smart detox. Dengan makanan-makanan yang berkualitas tentunya Anda akan mengonsumsi jumlah kalori yang sehat tanpa kelaparan atau tersiksa.

9. Cukupi kebutuhan istirahat
Waktu yang direkomendasikan adalah antara 7-8 jam per hari (orang yang cukup aktif membutuhkan waktu lebih banyak). Jika mengalami stres, sebaiknya segera temukan cara untuk merekdakannya.

10. Jangan lewatkan sarapan
Jangan sampai melewatkan waktu sarapan karena dengan sarapan dapat membantu mencegah makan berlebih pada saat makan siang atau makan malam. Selain itu, dengan sarapan juga dapat memberikan energi untuk beraktivitas.

Nah iu dia sepuluh tips dalam menjaga berat badanmu di batas ideal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

2

No Responses

Write a response