Permasalahan Lalu Lintas yang Sering Terjadi di Indonesia

Permasalahan Lalu Lintas yang Sering Terjadi di Indonesia

Lalu lintas yang nyaman, aman, dan tertib, tentu menjadi dambaan setiap orang terutama para pengguna jalan. Namun faktanya memang bukan perkara yang mudah untuk bisa mencapai cita-cita tersebut. Buktinya saja di kota-kota besar justru pelanggaran akan lalu lintas kian menjamur. Padahal seharusnya kota besar menjadi contoh bagi kota-kota lainnya kaitannya dalam hal berlalu lintas. Berikut ini ada beberapa jenis permasalahan lalu lintas yang paling banyak terjadi di Indonesia, di antaranya adalah:

  • Kemacetan memang menjadi salah satu permasalahan paling kompleks di kota-kota besar di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan transportasi umum, juga kurangnya fasilitas yang nyaman dan aman pada transportasi umum itu sendiri sehingga membuat banyak orang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi.
  • Fasilitas kurang memadai hingga jalanan rusak. Poin ini sekaligus menjadi salah satu faktor yang banyak menyebabkan kecelakaan lalu lintas, di mana banyak jalan-jalan rusak yang terlambat diperbaiki sehingga menyebabkan kecelakaan. Belum lagi dengan jalanan yang sempit tidak seimbang dengan jumlah kendaraan yang terus bertambah yang menyebabkan kemacetan seperti halnya yang dibahas di poin sebelumnya.
  • Tidak menerapkan safety riding. Para pengendara di Indonesia nampaknya masih banyak yang belum memiliki kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam berkendara. Misalnya menggunakan helm saat naik motor atau menggunakan seat belt saat mengendarai mobil, di mana jika hal ini tidak diperhatikan maka akan berdampak pada keselamatan nyawa pengendara itu sendiri.
  • Kurangnya kelengkapan surat menyurat. Salah satu hal yang tidak boleh terlupakan bagi para pengendara kelengkapan surat menyurat seperti SIM dan STNK saat pergi berkendara. Padahal surat-surat tersebut adalah wajib untuk dibawa ketika memang sedang berkendara ke mana pun.
  • Menghindar dari sanksi dengan melakukan suap. Poin ini berkaitan dengan poin sebelumnya, di mana ketika terjadi tilang karena pelanggaran lalu lintas, banyak pelanggar yang justru memilih untuk menyuap para penegak hukum yang tentu menjadi pelanggaran yang sangat tidak diperbolehkan. Ironisnya, tidak sedikit pula oknum yang justru menerima suap itu sehingga pelanggaran pun menjadi semakin menjamur.
  • Baca juga Artikel mengenai genset doosan

Tentu menjadi sebuah hal yang sangat mengkhawatirkan melihat pelanggaran lalu lintas kian menjamur di mana-mana. Namun hal ini berbeda dengan kota Medan, di tengah banyaknya pelanggaran lalu lintas di kota besar Medan justru berhasil menjadi kota paling tertib berlalu lintas tahun 2016 melalui penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kemenhub RI. Salah satu kontributor kota Medan kaitannya dalam upaya menjadi kota tertib lalu lintas adalah kampanye sosial dari Astra melalui program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintasyang menjadi salah satu program csr Inspirasi 60 tahun Astra.

11

No Responses

Write a response