Pahami Etika Saat Menggunakan Handy Talkie

Etika menggunakan handy talkie – Kita pasti berpikiran bila saat ini sudah tidak ada lagi yang menggunakan HT karena alat komunikasi yang satu ini dianggap sudah kuno dan kurang pantas dipergunakan di era digital seperti saat ini. Bila itu yang ada di benak kamu bro, maka pemikiran kamu itu sangat salah. Pengguna HT sampai detik ini masih tetap ada karena alat ini memang lebih praktis dan irit untuk digunakan dalam berkomunikasi.

Etika menggunakan handy talkie

Bila anda bekerja sebagai pimpinan proyek lapangan atau panitia dalam sebuah acara dan memerlukan koordinasi, maka alat komunikasi yang tepat anda pergunakan adalah ht baofeng yang sangat terkenal di Indonesia.

Etika Menggunakan HT Yang Benar

  • HT ini memang sangat mudah digunakan, kamu tinggal memencet tombol PTT untuk menyampaikan pesan. Namun sebagai orang Indonesia yang dikenal dengan keramahan dan kesopanan, maka dalam menggunakan HT pun ada etika dan tatacara yang harus di patuhi. Dalam menyampaikan pesan pergunakanlah kata-kata yang sopan dan mudah dimengerti, tujuanya agar orang yang menerima pesan tidak merasa tersinggung dan pesan yang kamu sampaikan dapat dimengerti dengan mudah.
  • Mengenai bagaimana etika yang baik dalam menggunakan ht, akan saya paparkan dibawah ini.
  • Apabila anda melakukan panggilan dengan teman kerja melalui ht dan belum mendapatkan tanggapan, sebaiknya tungu dulu beberapa saat. Mungkin saja saat anda memanggil rekan kerja sedang sibuk.
  • Bila sudah menunggu beberap saat belum juga ada respon dari lawan bicara, ulangi panggilan anda sekali lagi dan tunggu beberapa saat. Jika masih saja tidak ada respon sebaiknya segera datangi teman anda, siapa tau dia sedang kesusahan dan membutuhkan bantuan.
  • HT adalah alat komunikasi yang memanfaatkan frekuensi radio untuk menyampaikan pesan dan digunakan oleh orang banyak. Jika ada percakapan yang tidak ada hubunganya dengan anda, sebaiknya diam saja jangan ikut-ikutan berbicara agar anda tidak di cap sebagai orang yang sukanya ikut campur. Hargailah orang lain yang sedang berbicara.

Etika Dalam Menjawab Panggilan

  • Saat ada panggilan masuk ke ht yang anda bawa, maka akan ada bunyi tertentu yang menunjukan ada panggilan masuk. Segera terima panggilan itu dan responlah dengan baik.
  • Saat menjawab panggilan gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti sehingga tidak terjadi salah paham. Jika perlu, buatlah kode-kode tertentu yang sudah disepakati oleh teman yang sama-sama menggunakan ht. Dengan adanya kode ini, anda akan dengan mudah dalam menjawab pesan ataupun dalam menyampaikan sebuah pesan.
  • Sekarang anda sudah tau kan etika yang baik dalam mengirim pesan dan menerima pesan menggunakan ht. Kini anda bisa tenang dalam menggunakan ht karena sudah mengetahui etikanya. Bila memerlukan ht, silahkan beli melalui toko online yang anda percaya.

 

2

No Responses

Write a response