manfaat buah belimbing

Manfaat buah belimbing

Carambola adalah buah yang berasal dari negara dengan iklim tropis. Buahnya berwarna kuning saat sudah matang, dengan bentuk buah yang sangat populer. Buah bintang sangat menyegarkan, sehingga sering diolah menjadi berbagai resep. Selain rasanya yang mengguncang lidah, buah belimbing juga sangat baik untuk kesehatan dan juga menawarkan manfaat bagi kecantikan.

Manfaat Carambola untuk kesehatan

Carambola adalah salah satu buah eksotis terkaya. Sekitar 100 gram buah belimbing menghasilkan 31 kalori jauh lebih rendah daripada buah tropis populer lainnya. Selain itu, sejumlah nutrisi penting, antioksidan dan vitamin memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan belimbing untuk kesehatan, seperti fakta nutrisi nutrisi berikut, yang dapat diakses pada 20 November 2014):

1. pencernaan sehat

Buah dan dering kulit memastikan pasokan serat makanan. Serat membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam makanan di usus. Serat juga melindungi mukosa usus terhadap paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia karsinogenik di usus besar. Kandungan serat dalam buah bintang membuat pencernaan lebih sehat dan menghindari risiko kanker usus besar.

2. Pencegahan kanker

Manfaat belimbing memberi vitamin C, yang merupakan pencegahan terhadap perkembangan gejala kanker. Buah bintang mengandung vitamin C dalam jumlah banyak. Vitamin C adalah antioksidan alami yang hebat. Kira-kira 100 g buah belimbing memberi 34,7 mg atau sekitar 57% asupan vitamin C setiap hari. Secara umum, manfaat buah yang kaya akan vitamin C akan membantu tubuh manusia untuk mengembangkan ketahanan terhadap zat infeksi, radikal bebas dan sifat anti-inflamasi bagi tubuh.

Kaya akan antioksidan

Buah belimbing kaya akan antioksidan seperti polifenol flavonoid. Beberapa flavonoid penting ini meliputi quercetin, epicatechin dan asam gallic. Total polifenol dalam buah ini mencapai 43 mg / 100 g. Senyawa ini melindungi terhadap, melawan efek kerusakan radikal bebas.

4. Tingkatkan kerja enzim

Selain itu, belimbing merupakan sumber vitamin B kompleks, seperti folat, riboflavin dan piridoksin (vitamin B-6). Secara keseluruhan, vitamin ini membantu sebagai faktor co-enzyme dalam metabolisme dan mendukung berbagai fungsi enzim sintetis dalam tubuh.

5. Mengatasi tekanan darah tinggi

Carambola mengandung sejumlah mineral dan elektrolit seperti potasium, fosfor, seng dan besi. Kalium merupakan komponen penting cairan sel dan tubuh, membantu menjaga detak jantung dan tekanan darah terkendali. Dengan demikian akan menekan efek berbahaya natrium. Penyembuhan hipertensi biasanya dilakukan dengan terapi belimbing, dengan mengonsumsinya secara teratur.

6. Mengatasi penyakit ginjal

Jika seseorang memiliki masalah ginjal, buah belimbing bisa dikonsumsi karena memiliki konsentrasi asam oksalat yang sangat tinggi. Ilmuwan menganggapnya sebagai zat anti nutrisi, seperti mengganggu penyerapan dan metabolisme beberapa mineral alami seperti kalsium, magnesium dan sebagainya.

7. Kurangi kadar kolesterol jahat

Di belimbing ada zat pektin yang menurunkan kolesterol dalam darah. Pektin mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Hal ini tentunya sangat baik bagi penderita keluhan diabetes.

10

No Responses

Write a response