Langkah-Langkah Untuk Mebuat Lagu Sendiri

Langkah-Langkah Untuk Mebuat Lagu Sendiri

Membuat lagu sendiri mungkin dapat menjadi salah satu pekerjaan sekaligus saran meluapkan emosi. Ada orang yang berpuisi, membuat novel, atau lain sebagainya, dan membuat lagu dapat menjadi salah satunya. Tentu saja membuat lagu tidak hanya menyoal bagusnya kata-kata yang tertera dalam liriknya. Tetapi juga menyangkut bagaimana nada dalam lagu tersebut dikembangkan sehingga dapat menyampaikan makna lagu yang Anda buat. Oleh sebab itu, berikut ini kami berikan beberapa langkah yang berguna untuk Anda yang ingin membuat lagu di waktu senggang.

Langkah-langkah membuat lagu sendiri

  • Untuk membuat lagu sendiri, Anda perlu memahami bagian sebuah lagu. Normalnya tiap lagu terdiri dari 3 bagian. Pertama adalah intro yakni bagian awal permulaan lagu. Kedua ialah bait, bait merupakan bagian utama sebuah lagu. Biasanya, lebih panjang dari chorus. Nada dalam bait sama saja, hanya liriknya saja yang berbeda.

Sedangkan chorus merupakan bagian dari sebuah lagu yang berulang tetapi lirik dan melodinya tetap sama atau hampir sedikit sekali berubah. Terakhir ada pula bridge. Bridge merupakan bagian yang terdengar sama sekali berbeda dengan keseluruhan lagu.

  • Untuk membuat lagu Anda juga perlu memahami strukturnya. Tentu saja terdapat berbagai macam struktur lagu yang berbeda. Anda bisa mencoba AABB, ABA, AAAA, ABCBA, ABABCB, ABACABA, dan seterusnya sesuai keinginan Anda.
  • Untuk memperoleh lirik yang apik dan menarik perbanyaklah membaca buku atau puisi agar kosakata Anda bertambah. Anda juga bisa menggali pengalaman sendiri untuk dijadikan inspirasi menulis lirik lagu.
  • Untuk memperoleh nada yang pas, Anda perlu memahami notasi musik. Anda harus memastikan bahwa tiap suku kata dari lirik Anda memiliki ritme yang pas dan tetap terkendali. Oleh sebab itu, penting sekali memahami tangga nada dan konversinya dengan suku kata.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat lagu sendiri. Di awal percobaan mungkin Anda akan kesulitan untuk meracik lagu yang bagus. Namun dengan ketekunan dan kerja keras, kelak Anda pun akan mampu menghasilkan lagu yang apik.

Baca juga :

3 tokoh musisi rock and roll yang mendunia

teknik staccato dan legato dalam bermusik

1

No Responses

Write a response