keris

KPK Sita Keris Milik Tonny Budiono

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita cincin akor, keris, arloji dan cendera mata yang berasal dari mantan Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Antonius Tonny Budiono. Barang sitaan tersebut dicurigai mendapat pesan dari Tonny sejak Mei 2016.

“Semuanya telah dilaporkan bergetar saat goyangan,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Putih, Jakarta, Senin 28 Agustus 2017.
Sekitar 50 benda suvenir diambil dari Direktorat Jenderal Mesiu Suaka Hubba Bahtera, Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Objek yang tidak disebutkan nilainya tidak pernah melaporkan Tonny ke KPK.

Febri mengingat bahwa semua pejabat pemerintah dan pejabat diminta untuk membiasakan diri menolak tip pada kesempatan pertama. Sikap menolak tip, katanya, akan mencegah petugas datang ke hukum.
Febri juga mengingatkan bahwa jika dalam kondisi tertentu tidak dapat ditolak, seorang pejabat dapat melapor ke KPK selambat-lambatnya 30 hari kerja. “Sesuai aturan pasal 16 UU Nomor 30 tahun 2002 tentang KPK.”

Dengan cara ini seorang pejabat akan terhindar dari jerat pasal 12B Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi, yaitu hukuman penjara seumur hidup atau minimal empat tahun dan maksimal 20 tahun penjara. Penghapusan hukuman tersebut dijelaskan dalam Pasal 12C Undang-Undang Korupsi.
Sebelumnya, KPK OTT memimpin Direktur Jenderal Hubub Kemenhub Antonius Tonny Budiono di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Rabu, 23 Agustus 2017. Tonny ditangkap karena menerima suap dari komisaris PT Adhi Guna Keruktama (AGK) Adiputra Kurniawan (APK).

Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa Adiputra memiliki penyuapan sehubungan dengan pemberian lisensi untuk sejumlah proyek di dalam Direktorat Jenderal Hubla, termasuk pekerjaan pengerukan Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah. Tidak hanya itu, dengan bukti yang cukup, KPK akhirnya mendirikan Tonny dan Adiputra sebagai tersangka.

Akibat tindakannya tersebut, Tonny sebagai penerima suap mencambuk Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan Pasal 12 huruf B UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Sementara Adiputra dicurigai disuap sebagai tersangka penyuapan, hal tersebut melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau pasal 5 ayat (1), huruf b atau pasal 13 undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan korupsi (Tipikor) Jo Pasal 55 ayat (1) dari 1 KUHP.

Parade Budaya memeriahkan pembukaan Keris Summit 2015 pada hari Rabu 28 Oktober. Parade Budaya diikuti oleh sekitar seribu seniman yang dilakukan di Jalan Malioboro dari depan gedung DPRD DID dan berakhir di Benteng Vredeburg.

Belati unik dari era Raja Brawijaya ikut ambil bagian dalam parade. Kerisnya, sekitar 500 tahun, dibawa oleh pria berpakaian ala Jenderal Sudirman dengan jubah, selimut dan tongkat. Keris dari era Brawijaya dia berhenti di pinggangnya. Dia menaiki lumut retro hijau Jeep.

BACA JUGASaat Panen ikan di Lubuk LaranganUniversity of Nanchang Memegang pertunjukan budaya Tionghoa di JakartaStandar keamanan Museum Jadi perhatian pemerintah
Brandconnect
Mengintai Surga Tersembunyi di Filipina Suhud mengatakan keris cokelat mudanya ia sengaja dipamerkan di Warisan Warisan Keris Warisan Dunia dengan tema Karnaval Budaya. “Ini keris dari generasi ke generasi orang tua saya.” Dikatakan bahwa keris ini dari jaman Prabu Brawijaya sekitar tahun 1478. Tapi saya tidak tahu apakah keris ini berasal dari Raja Brawijaya atau tidak, “kata Temperatur di Metrotvnews.com di Benteng Vredeberg, Yogyakarta, Rabu (28) / 10/2015).

Ia melanjutkan, karena keris Jenderal Sudirman merupakan hal yang sangat penting, karena menjadi senjata yang paling penting. “Orang dahulu percaya pada kekuatan keris, itu dianggap sebagai salah satu pusaka untuk menguatkan iman dan agama,” kata pria yang tinggal di sekitar alun-alun selatan istana Yogyakarta.

Keris Summit 2015 berlangsung sampai 1 November di Benteng Vredeburg Yogyakarta. Dalam acara ini ratusan keris dari seluruh Indonesia dipamerkan. “Ada 64 asosiasi keris dari 24 provinsi di Indonesia yang ikut dalam pameran tersebut, keris akan dipamerkan mulai pukul 09.00-21.00 WIB,” kata orang yang bertanggung jawab atas acara tersebut, Erlina Hidayati Sumardi, di Yogyakarta.

Orang juga bisa melihat dan berpartisipasi dalam lokakarya pembuatan keris. “Ada juga pertukaran keris dimana kerisnya dijual,” katanya.

referensi : jual keris langka , bukalapak.com

11

No Responses

Write a response