Kenali Teknik Staccato dan Legato dalam Bermusik

Kenali Teknik Staccato dan Legato dalam Bermusik

Seni musik merupakan seni yang merdu yang memainkan beberapa kombinasi suara dan bunyi pada alat musik. Bagi Anda yang sedang mendalami musik, ada beberapa teknik biasanya yang akan dipelajari. Teknik-teknik musik tersebut akan menciptakan sebuah nada yang indah dan dikombinasikan dengan baik. Dari beberapa teknik yang diperkenalkan, aka nada teknik staccato dan legato. Salah satu jenis teknik yang ada dalam musik ini sangat menarik untuk dipelajari lebih dalam. Apa itu staccato dan legato? Berikut ulasannya.

Apa itu Teknik Staccato dan Legato?

Bagi pemula, mungkin masih sedikit asing tentang teknik ini. Namun teknik staccato dan legato merupakan teknik yang paling dasar dan paling terpenting untuk dipahami. Apa itu teknik staccato? Ada berbagai definisi tentang teknik ini dari berbagai ahli. Menurut Peter Nickol, staccato merupakan tanda titik yang berada di atas atau di bawah kepala not yang memiliki makna bahwa not tersebut dimainkan secara pendek. Tidak jauh berbeda dengan Nickol, Hari Purwanto juga mendefinisikan bahwa staccato merupakan sifat atau artikulasi nada yang dibunyikan dengan singkat. Teknik ini merupakan salah satu gaya permainan alat musik atau bernyanyi untuk lebih menyatukan melodi-melodi yang lebih enak terdengar. Dengan kata lain, teknik staccato ini juga dapat diartikan bahwa sebuah teknik untuk memainkan nada secara putus-putus dengan menggunakan nada-nada yang pendek.

Apa itu legato? Kebalikan dari teknik staccato, teknik legato merupakan teknik permainan nada secara bersambung dari nada-nada panjang. Sama halnya dengan staccato, perpaduan dari teknik legato ini juga akan menghasilkan melodi-melodi yang sangat indah dan menawan. Jika kedua teknik ini digabungkan, maka munculah beberapa nada yang menyatu hingga membentuk alunan yang indah dan merdu. Adapun berbagai teknik mendalam lainnya untuk memainkan teknik staccato dan legato berdasarkan jenis alat musik yang dimainkan. Sebagai contohnya, jika menggunakan biola  maka nada staccato harus dilakukan dengan memantulkan busur pada senar dengan kecepatan tinggi seraya memainkan jari dengan cepat.

Dalam sebuah harmoni music, penggunaan teknik staccato dan legato akan menghasilkan alunan nada yang apik.

1

No Responses

Write a response