Kandungan dan manfaat daun sirih yang perlu anda tahu

Sirih adalah tanaman asli Indonesia yang dapat kita temukan di semua wilayah diIndonesia. Tanaman dengan nama latin Piper betle leaf ini masuk dalam daftar tanaman Fitofarmaka, tanaman yang sudah memiliki dokumen pendukung mengenai keamanan serta efektivitasnya untuk dijadikan sebagai ob-at herbal. Menurut data yang dihimpun dari BPOM RI bahwa ada 9 jenis tanaman Fitofarmaka yang sudah diakui, dan salah satunya adalah tanaman sirih/daun sirih.

Kandungan tanaman sirih / daun sirih

Berbicara lebih jauh tentang manfaat daun sirih tentu kita akan selalu bertanya tanya kenapa tanaman atau daun tersebut bisa mempunyai manfaat untuk kesehatan, apakah kandungan yang dimilikinya sehingga tanaman atau daun sirih tersebut bisa bermanfaat untuk kesehatan?.

Menurut penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa daun sirih memiliki berbagai kandungan bermanfaat untuk kesehatan, kandungan tersebut antara lain minyak atsiri, alkanoid, flavonoid, senyawa fenolik serta vitamin C. Semua kandungan tersebut mempunyai sifat anti bakteri yang bermanfaat untuk membasmi bakteri jahat yang merugikan. Tentu saja setelah mengetahui kandungan yang dimiliki pasti kita sudah dapat memikirkan tentang kegunaanya.

manfaat sirih

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan sudah banyak yang mengetahuinya, diantaranya dan yang paling populer adalah untuk kesehatan masalah kewanitaan. Akan tetapi selain itu masih ada beberapa manfaat daun sirih yang mungkin belum semua orang mengetahuinya, untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel dibawah ini:

1. Mengobati sakit/iritasi pada mata

Mata adalah bagian tubuh yang paling mudah atau rentan terkena debu ataupun bakteri sehingga mudah untuk iritasi, dan jika mata mengalami iritasi karena debu ataupun bakteri kita dapat memanfaatkan air rebusan daun sirih untuk merambangnya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kandungan daun sirih adalah flavonoid, alkaloid serta beberapa zat anti bakteri lain sehingga dapat mengobati peradangan atau iritasi yang terjadi pada mata.

2. Mengatasi ejakulasi dini

Seperti khasiat hajar jahanam, daun sirih pun khasiatnya tidak berbeda dengan produk tersebut yaitu untuk mengatasi ejakukasi dini yang sering dikeluhkan seorang pria. Tahukan anda bahwa produk pria yang direkomendasikan Dr.Boyke Dian Nugraha untuk mengatasi masalah pria tersebut salah satu bahan yang digunakan untuk pembutannya adalah daun sirih. Cara memanfaatkan daun sirih untuk mengatasi keluhan seorang pria hanya dengan menumbuk lalu membalurkannya pada organ intim pria saja.

3. Menghilangkan bau mulut

Manfaat daun sirih yang ke tiga adalah untuk menghilangkan bau mulut. Bau mulut merupakan suatu kondisi dimana terdapat berbagai bakteri yang dihasilkan dari sisi sisa makanan sehingga menyebabkan bau pada mulut. Untuk itu air rebusan daun sirih bisa kita gunakan untuk berkumur agar bakteri penyebab bau tersebut hilang sehingga mulut kita tidak bau lagi.

4. Mencegah gigi berlubang/menyehatkan gigi

Kebiasaan nginang pada jaman dahulu ternyata mempunyai manfaat baik untuk kesehatan gigi, hal tersebut dikarenakan salah satu bahan untuk nginang yang digunakan adalah daun sirih yang berguna untuk membasmi kuman penyebab gigi keropos atau berlubang. Hal ini bisa anda buktikan jika menemui nenek nenek yang nginang, coba perhatikanlah gigi gigi mereka, pasti masih utuh seperti pada waktu masih muda.

Sebenarnya masih ada beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan seperti mengobati asma, sebagai obat demam berdarah, mengobati asam urat serta meringankan diare. Namun beberapa masalah kesehatan diatas dapat diatasi dengan daun sirih masih perlu penelitian lebih lanjut seperti yang dikutip alodokter.com. Cukup sekian informasi mengenai kandungan dan manfaat daun sirih untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

5

No Responses

Write a response