gambar ilustrasi cloud computing

Cloud Indonesia Menguntungkan bagi Pebisnis

gambar ilustrasi cloud computing

ilustrasi cloud computing

Cloud computing atau yang disebut dengan komputasi awan sudah diperkenalkan sejak satu dekade yang lalu, dan banyak yang menggunakannya baik kalangan atas, menengah atau pun para pemula di seluruh dunia. Cloud Indonesia juga sudah berkembang dan banyak dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis tertentu. Komputasi awan ini sangat efektif dan menguntungkan karena dapat mengoperasikan beberapa server dalam satu jaringan. Disebut komputasi awan karena awan layaknya storage besar yang dapat diakses oleh banyak komputer secara bersamaan. Adanya sistem ini memberikan kemudahan untuk mengakses segala informasi atau pun layanan yang tersimpan dalam cloud. Bagi perusahaan pun, komputasi awan ini bermanfaat untuk mengurangi biaya operasional teknologi.

 

Keuntungan Cloud Computing

Komputasi awan di Indonesia akan semakin berkembang dengan baik karena memberikan keuntungan bagi para pebinsis sekaligus konsumen. Salah satu hal yang akan mereka jadikan prioritas ketika menggunakan layanan komputasi awan adalah provider yang mampu memenuhi kebutuhan perangkat dan juga infrastruktur. Keuntungan yang bisa diberikan dari penggunaan komputasi awan pun 1,6 kali lebih besar daripada cara yang konvensional. Selanjutnya, bisnis yang dijalankan pun semakin cepat pergerakannya sampai 2,4 kali lebih cepat. Oleh sebab itu, perkembangan komputasi awan di Indonesia akan semakin cerah ke depannya apalagi dengan melihat fakta di lapangan bahwa pengguna smartphone dan tablet di Indonesia semakin bertambah jumlahnya tiap tahun.

 

Pekerjaan-pekerjaan baru pun akan muncul karena adanya komputasi awan ini. Seperti halnya sistem lain, cloud computing ini juga memiliki resiko yang harus diketahui sebelum mengimplementasikannya. Resiko utama yang harus diperhatikan adalah kebocoran data. Hal ini dapat terjadi disebabkan oleh kunci kriptografi yang dapat diekstrak oleh mesin virtual sehingga jika terjadi kesalahan, maka hacker dapat dengan mudah mencuri data klien yang diincar, dan bahkan data milik klien lain. Mempertimbangkan resiko tersebut, maka akan diimplementasikan tiga jenis komputasi awan yaitu private cloud, hybrid cloud dan public cloud. Dengan begitu, maka keamanan data akan lebih terjamin dan dapat dikontrol dengan baik oleh pengguna cloud tersebut.

1

No Responses

Write a response