Cave Tubing Kalisuci, Tempat Terbaik Merasakan Serunya Cave Tubing

rental bus wisata jogja

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten yang perkembangan pariwisatanya maju sangat pesat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan yang didominasi oleh pegunungan kapur atau karst ini berubah dari yang sebelumnya tidak dilirik orang menjadi tempat wisata paling favorit di Jogja. Di balik kegersangan perbukitan kapur Gunung Kidul, tersimpan jutaan potensi wisata yang bisa dinikmati saat berkunjung ke kawasan ini. Gunung Kidul memiliki gua-gua alami yang didalamnya mengalir sungai yang mengalir deras. Wisatawan yang berkunjung akan diajak merasakan sensasi menyusuri gua dengan mengunakan ban pelampung dan akan merasakan asiknya bertualang di alam.

Salah satu tempat wisata yang menawarkan kegiatan bertualang di alam adalah di desa wisata Kalisuci. Di tempat ini terdapat kegiatan cave tubing yaitu kegiatan yang mengkombinasikan caving atau susur gua dengan body rafting atau arung jeram dengan ban. Di tempat ini pengunjung dapat merasakan keseruan saat ban mereka meluncur membelah perut dan menyusuri aliran sungai beserta jeram-jeram yang ada disepanjang perjalanan. Kegiatan ini terhitung kegiatan ekstrim tingkat bahanya lebih tinggi dibandingkan dengan cave tubing Pindul. Sebelum melakukan kegiatan ini wisatawan diwajibkan memakai alat keselamatan seperti jaket pelampung, pelindung tulang kering, alas kaki, dan juga helm pelindung. Setelah semuanya dipasang, pemandu lokal akan mengajak pengunjung untuk berjalan menuju ke mulut gua. Wisatawan akan berjalan menyusuri jalan menurun sepanjang sekitar 150 meter hingga tiba di mulut gua.

Setibanya di mulut gua, pemandu akan mengajak briefing singkat yang menjelaskan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan selama kegiatan berlangsung seperti untuk tidak membawa perhiasan, membawa HP, dan bagi yang punya asma atau masalah kesehatan lainnya agar memberi tahu ke pemandu agar mereka bisa mempersiapkan diri. Setelah briefing selesai, pemandu akan meminta pengunjung untuk menaiki ban pelampung satu-persatu. Setelah semuanya turun maka petualangan menyusuri Gua Kalisucu pun dimulai. Wisatawan akan langsung menghadapi jeram-jeram yang siap untuk membuat para pengunjung berteriak karena kegeriannya.

HARGA TIKET DAN JAM BUKA:

Masuk kawasan ini wisatawan akan dikenai tiket distribusi sebesar Rp. 5000,-. Dan biaya masuk Kalisuci per orangnya sebesar Rp. 80.000,- (harga tiket bisa berganti sewaktu-waktu tanpa pemberian terlebih dahulu). Cave tubing ini baru bisa dilakukan jika pesertanya berjumlah minimal 5 orang. Kalisuci di buka dari 08.00 – 16.00 WIB. Buka setiap hari kecuali saat hujan dan debit air tinggi dan bias menjadi pilihan rental bus wisata jogja.

LOKASI:

Objek wisata ini terletak di Jetis Wetan,, Pacarejo, Semanu, Pacarejo, Gunung Kidul, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta Sekitar 1,5 jam perjalanan mengunakan kendaraan bermotor dari Yogyakarta.

TIPS MENGUNJUNGI KALISUCI:

  1. Objek wisata ini sangat tergantung akan debit air sungai, maka hubungi pengelola terlebih dahulu agar tidak menyesal saat tiba di lokasi ternyata tutup.
  2. Bawalah baju ganti karena kagiatan ini akan membuat Anda basah kuyup.
  3. Perhiasan seperti anting, kalung, gelang sebaiknya tidak dipakai dan tidak dipakai sepanjang kegiatan ini berlangsung agar tidak hilang.
  4. Persiapkan fisik Anda sebaik mungkin karena kegiatan ini akan menguras fisik.
  5. Bagi yang punya asma atau penyakit pernafasan lainnya jangan lupa membawa obat dan informasikan hal tersebut kepada pemandu.
  6. Jika datang dalam jumlah rombongan maka sebaiknya menyewa mobil dan jika rombongan yang datang dalam jumlah puluhan orang bisa sewa bus di Jogja yang tarifnya murah.
7

No Responses

Write a response