gambar piano

Beda Komponen piano vertical dan grand pada bagian frame

gambar piano

piano

Seperti kita tahu frame merupakan salah satu komponen piano yang juga penting, yang menjadi titik dimana sebuah piano terlihat indah dan berbeda. Maklum, ketertarikan orang biasanya dimulai dari keindahan visual sehingga mau tidak mau frame pun memainkan peran penting untuk sebuah piano.

Ternyata komponen piano yang satu ini meskipun dari luar terlihat sama material pembuatnya berbeda-beda. Belum lagi sentuhan tahan yang membangunnya juga tidak sama. Karena frame adalah salah satu karya seni tingkat tinggi maka siapa yang membuatnya akan membawa perbedaan signifikan.

Karena itulah jangan heran jika ketika berkeliling ke toko musik ternama dan mendapati komponen piano yang satu ini terlihat mirip tapi tidak persis bahkan ketika dibuat menggunakan bahan yang sama, terutama piano yang tidak dibuat oleh pabrikan. Untuk itu kita juga harus bisa membedakan beda frame pada setiap piano, kali ini hanya akan dibahas dari dua jenis yaitu vertikal dan grand piano.

Rangka atau frame adalah struktur besi tuang yang mendukung tegangan tali. Dalam piano yang lebih besar, hingga 30.000 pon ketegangan dapat diterapkan. Jadi rangka ini bisa dibilang adalah tulang belulangnya sebuah piano dan mau tidak mau bakal memberikan perbedaan walaupun sedikit terhadap suara yang dihasilkan.

Vertikal vs. Grand?

Rangka piano vertikal diorientasikan secara vertikal, membatasi panjang maksimum senar dengan ukuran diagonal maksimum piano. Sebuah piano vertikal akan memiliki bingkai yang secara signifikan lebih kecil daripada piano grand, dan dengan demikian tidak akan mampu mengakomodasi karakteristik gitar grand piano yang lebih panjang. Inilah yang menyebabkan suara pada piano vertikal seringkali bergetar dan kurang lebih enak didengar dibanding grand piano.

2

No Responses

Write a response