Bagaimana Cara Merawat Genset Yang Benar ?

Cara Merawat Genset Yang Benar – Genset merupakan suatu perkakas yang mampu menghasilkan enegeri listrik sendiri. Di tanag air ada beragam merk mesin genset seperti Cummins, Brothers, Perkins, Honda, Isuzu, Mitsubishi, Yanmar, Fawde dan lainya. Jika ingin mengetahui lebih jauh merek-merek genset, bisa melihatnya pada situs “jual mesin genset” termurah dan terlengkap.

Cara Merawat Genset Yang Benar

Pada umumnya perkakas penghasil listrik ini digunakan pada sektor tmepat usaha, rumah sakit, kantor pelayanan publik, gedung-gedung perkantoran bahkan rumah tangga juga menggunakanya. Karena perkakas yang satu ini terdiri dari beragam kompenen, maka memerlukan perawatan secara berkala yang rutin dilakukan. Perawatan tersebut bertujuan agar mesin dapan digunakan dalam waktu lama dan mesin genset dapat berkerja sebagaimana mestinya.

CARA YANG TEPAT DALAM PERAWATAN GENSET

LOKASI PELETAKAN GENSET
Dalam meletakan sebuah mesin genset tidak boleh sembarangan, ada beberapa syarat yang cocok menjadi tempat untuk meletakan mesin tersebut. Letakan mesin genset ditempat yang tidak bisa terkena air hujan dan banjir, supaya mesin awet dan tidak terjadi konsleting. Kemudian tempat genset harus memiliki sirkulasi udara yang bagus agar asap genset bisa keluar dengan cepat. Jika asap genset tidak bisa keluar, kemungkinan besar akan menjadi polusi dan menjadi penyebab keracunan masal.

GANTI SPAREPART YANG SUDAH RUSAK
Apabila mesin genset sudah digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama, tentunya ada beberapa bagian sparepart yang mulai usang dan harus segera diganti. Apabila bagian tersebut tidak anda ganti maka mesin genset tidak mampu bekerja secara maksimal bahkan kerusakan bisa saja menjadi lebih parah.

JAGA KEBERSIHAN GENSET
Jika anda menginginkan genset bisa bekerja dengan maksimal, faktor lain yang harus anda perhatikan pada sisi kebersihan. Untuk itulah buat jadwal rutin untuk membersihkan genset dari debu, kotoran, minyak dan air yang menempal pada bagian luar genset. Pada bagian karburator juga harus anda periksa, jika ada kotoran segera bersihkan.

SIRKULASI UDARA
Saat genset digunakan, dia akan menghasilkan banyak asap yang berwarna hitam. Asap tersebut merupakan karbon dioksida yang harus dibuang dengan cepat. Maka dari itu, pastikan sirkulasi udara disekitar genset bagus sebelum anda mulai menyalakanya.

PERIKSA BAHAN BAKAR
tips terakhir dalam merawat genset yakni jangan lupa untuk periksa seberapa banyak bahan bakar yang terdapat didalam tangki. Bahan bakar yang kurang saat mesin bekerja, menyebabkan mesin tersebut bekerja keras dan dampaknya bisa menimbulkan beragam kerusakan ringan hingga fatal.

Itulah artikel dari saya mengenai cara merawat genset yang benar dan mudah. Tips tersebut saya peroleh dari salah satu staff toko jual genset diesel yang berada di wilayah Jakarta. Semoga artikel yang saya sampaikan ini bermanfaat.

1

No Responses

Write a response