Bagaimana Cara Merawat Genset Honda?

Bagaimana Cara Merawat Genset Honda?

Genset Honda adalah sebuah perangkat yang bisa menghasilkan listrik yang diproduksi oleh merk ternama Honda, salah satunya dijual di Era Genset. Banyak sekali rumah-rumah, pabrik, tempat usaha, instansi pendidikan, dan perusahaan yang menggunakan genset. Genset adalah singkatan dari generator set in tentu saja membutuhkan perawatan sama seperti mesin lainnya. Anda harus merawat genset dengan baik agar bisa digunakan hingga waktu yang lama. Dengan melakukan perawatan yang tepat, maka genset kesayangan Anda pun juga bisa beroperasi dengan optimal.

 

Cara Perawatan Genset yang Tepat

  1. Peletakan genset

Ternyata posisi peletakan genset merupakan sesuatu yang penting juga. Tempat Anda meletakan genset akan menentukan apakah genset Anda bisa bertahan lama atau tidak. Anda wajib meletakan genset di tempat yang kering. Jauhkan genset dari sinar matahri, paparan air, dan paparan partikel lainnya. Hal ini akan menyebabkan genset Anda menjadi mudah rusak bahkan bisa terjadi sengatan listrik saat hendak digunakan, tips ini berlaku untuk semua jenis genset termasuk genset doosan dan juga genset Honda.

  1. Ganti spare part secara berkala

Saat genset Honda Anda sudah digunakan dalam kurun waktu tertentu, maka Anda harus mengganti spare part-nya. Jika spare part tidak diganti, maka genset bisa rusak atau bekerja tidak optimal. Komponen dalam genset lainnya juga akan rusak cepat atau lambat.

  1. Kebersihan genset

Genset pun juga perlu dibersihkan. Genset Anda akan bekerja lebih optimal jika dalam keadaan yang bersih. Karena itulah Anda harus melakukan jadwal pembersihkan pada genset Anda. Jangan sampai ada debu, minyak, kotoran, dan air yang menempel pada genset Anda. Perhatikan pula bagian radiator gensetnya. Bagian tersebut harus tetap bersih.

  1. Sirkulasi udara

Sirkulasi udara pada genset juga harus digunakan dengan baik. Apalagi jika genset tersebut digunakan di dalam ruangan. Gas buang hasil dari pembakaran genset yang keluar dari knalpot genset pun juga bisa terbuang dengan baik jika sirkulasi udara di sekitarnya baik.

  1. Cek bahan bakar

Tips terakhir untuk merawat genset Honda adalah jangan lupa untuk memeriksa bahan bakarnya. Bahan bakar yang tidak cukup pada saat mengoperasikan genset maka akan membuat genset itu sendiri bekerja terlalu keras sehingga menyebabkan kerusakan.

1

No Responses

Write a response