jual batu akik

Asal Usul Batu Akik

Batu mulia adalah salah satu anggota elit mineral alami. Dalam kata elit karena lebih dari 3000 mineral alam hanya ada sekitar 150-200 kelas termasuk jenis batu permata.

Semua batu permata termasuk batu akik terjadi dengan proses geologi alami, seperti magma-respect, sedimentasi atau metamorfosis sempurna. Menurut seorang ahli geologi dari Museum Geologi Bandung (MGB).

Awalnya, aktivitas magma di dapur bumi jauh di dalam usus bumi tetap bergolak, dan dorongan magma terus terwujud. Cairan yang berada di atas 1000 Celsius tetap berada di mantel atau mantel bumi, sementara di luar kerak bumi ada banyak celah.

jual batu akik

Ketika cairan super super panas dan super bertekanan mulai mengalir keluar, ada proses pemecahan untuk batuan lain yang disebut hidrotermal.

Salah satu batuan yang terbentuk sempurna adalah Diamond. Diamond adalah salah satu mineral di luar mantel bumi dan terletak pada kedalaman sekitar 161 kilometer. Pada kedalamannya ada tekanan sekitar 4 gpa dan suhu lebih dari 1.350 derajat celcius. Tekanan dan suhu yang luar biasa dapat mengubah mineral karbon anorganik di kerak bumi dari hidrotermal menjadi berlian (berbeda dari karbon organik yang membentuk batu bara).

Sebagian besar berlian yang biasanya kita temukan adalah hasil dari proses jutaan tahun yang lalu, dan letusan dahsyat magma membawa batu berlian ke permukaan bumi dan membentuk semacam pipa kimberlite. Penamaan “Kimberlite” berasal dari pipa pertama di wilayah Kimberley di Afrika Selatan.

Karena kekerasan berlian mencapai 10 mohs, berlian tersebut berisi deretan batu berharga dengan nilai sangat tinggi. Kemudian di Safir dan kemudian Ruby atau Mirah Pomegranate mencapai kekerasan 9 mohs, Zamrud mencapai 7-8 mohs. Dan yang disebut batu akik atau biasanya batu permata, memiliki kekerasan kurang dari 7 mohs. (Termasuk setengah dari permata)

Agates berbeda dari berlian, mereka terbentuk saat larutan hidrotermal menjadi lebih dingin saat mendekati permukaan bumi. Akuifer agregat semakin mengisi celah atau celah permukaan bumi dan mengisi fosil tumbuhan dan hewan sedemikian rupa. Dengan demikian, akik terbentuk dari larutan hidrotermal atau tutup silika yang tidak terlalu jauh dari permukaan bumi pada suhu sekitar 300 derajat celcius. Menurut Sujatmiko seorang geolog dan sekretaris jenderal Masyarakat Batu Mulia Indonesia.

Agate bisa ditemukan di seluruh wilayah Indonesia kecuali di Jakarta dan berlian hanya bisa ditemukan di Kalimantan, tapi tidak berasal dari inti bumi, tapi dari beberapa sumber sekunder yang membawa air dari tempat lain. Sedangkan sumber utamanya seperti yang ditemukan di Kimberly, Afrika Selatan.

Kekayaan batu mulia dan semi mulia merupakan hasil aktivitas geologi di dalam tanah, sementara di Indonesia hasilnya adalah aktivitas geologi tertua yang pernah ditemukan di pegunungan waya Irian Jaya dan gunung-gunung lainnya di cangkang fosil yang telah dilacak 400 juta tahun yang lalu. . Aktivitas geologi yang luar biasa untuk mengangkat dasar laut di gunung.

referensi : jual batu akik , olx.co.id

12

No Responses

Write a response