foto bayi sehat

5 Perkembangan Awal Bayi Umur 5 Bulan yang Harus Mama Ketahui

foto bayi sehat

perkembangan bayi sehat

Sebagai seorang ibu, memperhatikan perkembangan bayi Anda tentu menjadi hal yang sangat berarti sekali. Perkembangan anak memang sangat wajib sekali untuk selalu dikontrol setiap bulannya. Hal ini dilakukan guna anak tumbuh dan berkembang dengan normal. Dalam tahap perkembangan anak, perkembangan bayi umur 5 bulan menjadi salah satu tahap yang harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya, bayi umur 5 bulan sudah mulai menunjukan tanda-tanda perkembangan yang sangat pesat seperti berikut ini.

Apa Saja Yang Biasanya Bayi Umur 5 Bulan Lakukan?

  1. Mulai Bisa Menoleh Sumber Suara

Bayi umur 5 bulan biasanya indra pendengarannya mulai semakin berkembang. Jadi, jangan heran jika ia suda mulai bisa menoleh ke sumber suara. Untuk merangsang pendengarannya, Anda bisa coba dengan memanggil si kecil atau membunyikan sesuatu. Mengajak si kecil bercerita atau berbicara juga dapat membuat pendengarannya berkembang.

  1. Lebih Berkespresi

Hal kedua yang umumnya dilakukan bayi berusia 5 bulan adalah mereka biasanya sudah mulai bisa menunjukan ekspresi bahagia, sedih, bosan, dan lainnya. Itulah mengapa mereka bisa saja tiba-tiba nangis saat digendong orang asing atau saat Anda meninggalkannya.

  1. Menggenggam Sesuatu

Pada usia 5 bulan, perkembangan motorik si kecil sudah mulai bisa terlihat sekali. Hal ini ditunjukan dari cara mereka sudah bisa menggenggam benda dengan jari-jarinya. Oleh karena itu, Anda bisa coba latih si kecil untuk memegang botol susunya sendiri.

  1. Mulai Mengoceh

Bayi berumur  bulan juga biasanya sudah mulai bisa aktif mengoceh. Umumnya, mereka akan mulai mengeluarkan suara “ma ma ma”, “ba ba ba”, atau “pa pa pa”. Agar kemampuan verbalnya terus berkembang, Anda bisa coba ajak ia bicara setiap hari atau membacakannya dongeng di waktu luang.

  1. Mulai Bisa Duduk

Di usia 5 bulan, bayi yang memiliki perkembangan cepat biasanya sudah mulai bisa duduk sendiri tanpa topangan tangan. Namun, jika si kecil belum bisa duduk sendiri, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, perkembangan ini juga lebih sering muncul saat usia bayi 6 bulan.

Nah, itulah kelima hal yang biasanya sudah mulai bisa dilakukan bayi berusia 5 bulan. Bagi Anda yang penasaran dengan informasi tentang tumbuh dan kembang anak, Anda bisa mengunjungi blog parenting yang membahas tentang perkembangan bayi usia 0-6 bulan secara lengkap.

1

No Responses

Write a response