3 jenis hewan hermafrodit yang mempunyai manfaat

Didunia ini terdapat berbagai hal yang bisa kita temui, dari hal yang lucu lucu sampai dengan yang tidak bisa terpikirkan oleh akal manusia, ya itu semua adalah ciptaan dari Allah SWT yang bisa menciptakan apapun dalam berbagai bentuk ataupun kemampuan yg dimiliki. Salah satunya adalah makhluk hidup yang berkelamin ganda atau hermafrodit.

Hermafrodit merupakan makhluk hidup yang mempunyai sistem reproduksi ganda/berkelamin ganda yang keduanya bisa berfungsi secara normal dan biasanya dapat ditemui pada hewan dan tumbuhan. Contoh tumbuhan hermaprodit adalah mereka yang memiliki bunga sempurna (terdapat putik dan benang sari) diantaranya seprti bunga matahari, bougenvile dan bunga sepatu. Sedangkan untuk hewan ada beberapa yang memilki kelamin ganda, biasanya antara jantan dan betina tidak bisa dibedakan. Dan berikut 3 jenis hewan hermaprodit yang mempunyai manfaat.

Inilah 3 jenis hewan hermaprodit yang mempunyai manfaat

1. Cacing tanah

Cacing tanah merupakan hewan hermaprodit yang sering kita jumpai, hewan ini sering muncul disaat musim hujan tiba. Dia akan keluar tanah apabila tanah tempatnya tinggal tergenang air, dan mencari tempat baru yang lembab dan jauh dari air. Hewan ini terlihat menjijikan namun ternyata mempunyai beragam manfaat, menurut pakar kesehatan cacing tanah dapat membantu dalam enyembuhan tifus, obat diare, melancarkan Sirkulasi darah, melancarkan sistem pencernaan, sebagai anti piretik, dan dapat menenangkan syaraf.

2. Lintah

Lintah juga termasuk kedalam hewan hermaprodit yang mempunyai beragam manfaat. Hewan yang sering dianggap parasit ini ternyata mempunyai kandungan senyawa yang dibutuhkan untuk terapi pengobatan, seperti hirudin, histamine, trombine, hyaluronidase, dan anti kolagen. Selain itu minyak lintah yang dihasilkannya bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka pada kulit, tidak hanya itu saja, sanyawa anti kolagen dari hewan ini sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik.

3. Belut

Belut juga termasuk kedalam hewan hermafrodit yang sering kita jumpai, selain rasa dagingnya yang lezat ternyata belut juga mempunyai manfaat untuk kesehatan. Belut mengandung kalori, protein, lemak, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin, A, B, C, sehingga mempunyai manfaat untuk mencegah anemia, menyehatkan mata, menyehatkan jantung.

Demikian artikel yang bertemakan hewan hermafrodit beserta manfaatnya, semoga artikel diatas bermanfaat.

8

No Responses

Write a response